Komunitas Anak Dayak Maanyan (KOMANDAN) jln. Nansarunai RT.V, dabung (depan RSUD Tamiang Layang), Kabupaten Barito Timur, contact personne : (ebbi)+6285249537058, PIN BB 27011fe5 (Alfirdaus) +621351946584 e-mail komandan_maanyan@yahoo.com komandanmaanyan@gmail.com

Rabu, 19 Februari 2014

“WURUNG JUE”

“WURUNG JUE” 

Wurung Jue atau Burung Jue biasanya hidup di daerah pegunungan-pegunungan yang ada di daerah Barito. Burung ini merupakan jenis burung yang paling susah ditemukan dan ditangkap hidup-hidup karena memerlukan suatu trik khusus untuk menangkapnya. Dalam kehidupan masyarakat Dayak Ma’anyan yang ada di Barito Timur, burung ini merupakan perlambangan sebuah kesetiaan, kesucian, keagungan, kebersihan diri dari segala hal dan kewaspadaan terhadap ancaman-ancaman. 

rejang-lebong.blogspot
Page by Tun Jang - View teletype8472's map. Taken in a place with no name (See more photos or videos here). Argus Pheasant at the Fort Worth Zoo.
on
Point-point ini diambil dari bentuk Burung Jue yang indah dan anggun dengan sifat yang unik. Burung ini mempunyai sifat yang setia terhadap pasangannya, apabila melihat pasangannya mati maka pasangan yang satunya tidak lama lagi akan ikut mati juga oleh sebab itu simbol dari kesetiaan inilah yang diangkat dalam proses Perkawinan Adat Suku Dayak Ma’anyan dan Lawangan yang ada di Barito Timur pada saat ini. 


Pada saat rangkaian Proses Acara Adat Perkawinan terdapat satu acara yang disebut dengan Iwurung Jue, dimana Balian(dukun) diminta untuk mencari mempelai wanita yang disebut dengan Wurung Jue. Dalam proses ini beberapa kali Balian membawa seorang wanita untuk ditanyakan apakah benar yang dibawa ini adalah pasangan yang dicari-cari oleh pengantin prianya, sampai mendapatkan pasangan yang benar. Disinilah kesetiaan itu diuji, karena apabila pengantin pria mengatakan itu benar walau kenyataan bukan pasangan yang sebenarnya maka akan langsung diputuskan bahwa pasangan yang dibawa tersebut memang benar. 

Contoh Riak Bawo pada acara Wurung Jue
Matuwo tilo molo ine burok ngeke pare
getah sunge lengko dano ngeto anak wurung jue..........

Ni papuan ragak-ragak, anak umpis isa ngaun salai
surung senu ita jukung jawa, kapipi umak lali lalay........

Contoh Tumet Dadas pada acara Wurung Jue
Hampe kami ma balai natat iwaruga talanyaan
tara jajak anak kasanian ku tara tinak bunsu seni tari........

Apar pirak ku apar pirak, apar pirak huwang tumpayan
napa habar urang dayak marak mangil sulin danbulian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

..

Komunitas Anak Dayak Maanyan (KOMANDAN) jln. Nnsarunai RT.V dabung (depan RSUD Tamiang Layang), Kabupaten Barito Timur, contact personne : (ebbi)+6285249537058 PIN BB: 27011fe5 (Alfirdaus) +621351946584 e-mail komandan_maanyan@yahoo.com komandanmaanyan@gmail.com